Jumat, 06 Desember 2013

EXERCISE DAN TRAINING

EXERCISE DAN TRAINING

Dalam penggunaan beberapa istilah pada sebuah kalimat terkadang seseorang sembarangan saja tanpa memperhatikan  apakah sebuah istilah itu tepat dipakai dalam kalimat tersebut atau tidak. Kita semua cenderung memakai istilah tampa memperhatikan makna yang sebenarnya, yang penting lawan bicara mengerti tentang pesan yang kita sampaikan. Masalah ketidakhirauan dalam penggunaan istilah ini juga sering terjadi ketika seseorang ingin menyampaikan ide atau pesannya lewat bahasa tulis atau karya tulis, dimana dalam penggunaan istilah atau kata yang memiliki beberapa arti atau makna yang hampir sama digunakan seenaknya saja tanpa mau mencari kebanaran secara harfiah arti atau makna dari istilah tersebut, terutama penempatan pada sebuah kalimat.
Apabila kerancuan penggunaan istilah ini terjadi, maka pesan yang disampaikan baik secara lisan maupun tulisan tentu akan berakibat pesan tersebut tidak bisa ditangkap maknanya dengan jelas bagi pembaca atau pendengar. Kerancuan penggunaan istilah ini juga tidak luput penggunaannya dalam bidang olahraga. Kata exercise dan training sering dipergunakan pada sebuah kalimat yang penempatannya tidak pada konteks yang benar. Salah satu penyebab kerancuan dalam penggunaan istilah ini mungkin saja disebabkan karena faktor ketidaktahuan dari pengguna istilah tersebut terhadap makna yang sebenarnya terkandung dalam istilah yang digunakan itu. Disamping itu juga kedua istilah (exercise dan Training) berasal dari istilah asing yang penggunaan sehari-harinya dipergunakan dalam bahasa Indonesia sehingga ketika memposisikannya dalam sebuah kalimat sering dipergunakan saling menggantikan antara kedua kata tersebut.
Sepintas kalau dilihat kata exercise dan training kelihatan memiliki kemiripan arti, namun apabila ditelusuri secara mendalam makna yang sebenarnya dari kedua istilah tersebut ternyata memiliki arti yang cukup signifikan perbedaannya.
Istilah training ada beberapa orang yang menyebut dengan kata” latihan” atau pelatihan  atau juga exercise (Nossek,1982:12-23). Namun demikian dari istilah Training yang berarti pelatihan dan exercise ( latihan), masing-masing memilIki maksud sasaran  dan tujuan yang bisa dibedakan.Untuk bisa memahami perbedaan tentang istilah tersebut akan dicoba untuk membahas mengenai pengertian dari istilah Training (pelatihan) dan exercise (latihan).
Menurut The Oxford Dictionary of Sports Science and Medicine (1994 : 156-456), bahwa Exercise adalah (1) Aktivitas fisik yang melibatkan penggunaan  kelompok otot besar dari pada kelompok otot yang sangat khusus, secara relative gerakan-gerakan tanpa beban dari kelompok-kelompok otot kecil. Yang termasuk didalam exercise adalah: menari, Kalestinis, permainan dan aktivitas yang lebih formal seperti jogging, renang dan lari. (2) Beberapa bentuk gerakan yang dirancang untuk melatih atau memperbaiki atau meningkatkan keterampilan.
Sedangkan Training adalah sebuah program latihan yang dirancang untuk membantu belajar keterampilan, untuk memperbaiki kebugaran fisik dan dengan cara demikian dapat menyiapkan atlet khususnya pada kompetisi atau kejuaraan. Jadi yang termasuk dalam training adalah: peningkatan kondisi secara umum, teknik-teknik khusus dalam latihan, serta persiapan secara psikologi atau mental.
Menurut sumber yang lain bahwa exercise didefinisikan sebagai aktivitas fisik yang dilakukan pada waktu senggang (leisure-time). Aktivitas waktu senggang (leisure activity) yang dimaksud  disini adalah aktivitas fisik dimana seseorang atau sekelompok orang bebas untuk memilih waktu dalam melakukanya. Sedangkan training adalah pengulangan beban dari latihan (exercise) yang dilakukan beberapa periode dalam beberapa minggu atau beberapa bulan dengan maksud untuk pengembangan fisik dan atau kebugaran fisik (Claude Bouchar et.al, 1990:6).
Training juga didefinisikan sebagai proses yang sistimatis dari berlatih atau bekerja yang dilakukan secara berulang-ulang dengan kian hari kian bertambah beban latihan atau pekerjaannya (Harsono. 1988:101). Lebih lanjut juga dijelaskan yang dimaksud dengan sistimatis adalah berencana, menurut jadual, menurut pola dan system tertentu, metodis, dari mudah kesukar, latihan teratur, dari sederhana ke yang komplek. Berulang-ulang maksudnya adalah agar gerakan-gerakan yang semula sukar dilakukan menmjadi semakin mudah otomatis dan reflektif pelaksanaannya sehingga makin menghemat energi. Kian hari dengan maksud setiap kali, secara periodik, segera setelah tiba saatnya untuk  ditambah beban latihannya.  
Exercise adalah: Sebuah proses dengan jalan penampilan tubuh bekerja sesuai dengan kebutuhan alam, yang disesuaikan dengan kemampuan otot dan fungsi persendian dengan sedikit memaksa namun tetap dalam kondisi selamat atau aman, dan dengan beban yang penuh arti   bagi tubuh untuk merangsang pertumbuhan dalam waktu singkat (www. Superslow. Com/Artcles/definitio of exercise 162589.html-14k-hed-similar pages)
Kata Exercise bisa berarti:
  • Sebuah Aksi atau praktek
  •  Beberapa aktivitas yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan atau kemampuan
  • Latihan fisik 

Dari beberapa pengertian kedua istilah tersebut di atas, yakni exercise dan training, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Exercise:
  1.  Penekanan pada aktivitas fisik saja
  2.  Dilakukan dalam waktu senggang tidak direncanakan secara detail
  3.  Tidak sistimatis
  4.  Melibatkan kelompok otot-otot besar.
  5. Tidak untuk mencapai prestasi hanya untuk peningkatan kebugaran fisik semata

Training:
  1. Meliputi berbagai aspek latihan (fisik, mental dan social)
  2. Proses yang sistimatis
  3. Dilakukan dalam periode waktu tertentu secara kontinu dan berkesinambungan.
  4. Direncanakan secara matang dan detail baik dari segi waktu serta aktivitas yang dilakukan
  5.  Melibatkan seluruh bagian otot yang ada
  6. Pengembangan segala aspek yang ada pada individu untuk mencapai target-target tertentu.



1 komentar:

  1. mantap kak artikelnya, bisa buat nambah refrensi menulis saya, salam kenal

    BalasHapus