Selasa, 23 Juli 2013

Program Latihan Bolavoli

Secara etimologi analisis masalah terdiri dari dua kata, analisi dan masalah. Analisis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia karangan Suharso dan Ana Retnoningsih (2005)  adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan perbuatan dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkara dan sebagainya). Maslah (Inggris: problem) menurut Wikipedia bahasa Indonesia yaitu  kata yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan yang bersumber dari hubungan antara dua faktor atau lebih yang menghasilkan situasi yang membingungkan. Dua faktor tersebut adalah masalah biasanya dianggap sebagai suatu keadaan yang harus diselesaikan serta masalah disadari “ada“ saat seorang individu menyadari keadaan yang ia hadapi tidak sesuai dengan keadaan yang ia inginkan.

Penyusunan program latihan bolavoli juga harus diwali dengan melakukan analisis masalah. Analisis masalah bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan atlit bolavoli serta untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan pada setiap atlet. Penyelidikan dalam analisis masalah bisa diketahui menggunakan sejumlah instrumen baik tes maupun non tes yang harus disusun oleh setiap pelatih serta manajemen. Komponen analisis masalah yang harus diketahui sebelum menyusun program latihan adalah karakteristik subjek, kemampuan fisik, kemampuan teknik, kemampuan taktik serta sarana prasarana yang tersedia.
Karakteristik subjek yg harus diketahui pertama adalah latar belakang pemain, sistem rekrutment atlet harus bener-bener diperhatikan, hal ini bisa diketahui dengan cara melakukan wawancara atau angket, selanjutnya yang perlu diketahui adalah antropometri atlet. untuk mengetahui antropometri bisa dilakukan dengan pengukuran. 
Kemampuan fisik sangat penting untuk diketahui sejak awal, karena untuk menentukan program latihan fisik selanjutnya. Kemampuan fisik bisa diketahui dengan menggunakan instrument tes, kemampuan fisik dalam bolavoli yg dominan dan wajib diketahui adalah daya tahan muscular n cardio, kekuatan otot tungkai, lengan, power otot tungkai dan lengan, serta kecepatan dan kelincahan. 
Kemampuan teknik atlet bisa diketahui baik menggunakan tes maupun pengamatan gerak dasar, atau skala proses. teknik dasar yang wajib diketahui untuk data awal adalah, pasing, servis, smash, dan blok. untuk mengetahui kemampuan taktik bisa menggunakan observasi dan dilakukan oleh expert.
Hal terakhir dalam diagnisis awal bolavoli adalah ketersediaan sarana prasarana, mulai dari lapangan, net, bolavoli, serta sarana pendukung lainya. untuk bisa berprestasui secara maksimal sarana prasarana merupakan faktor pendukung utama yang harus diperhatikan. contoh konkritnya adalah rasio ketersedian bolavoli dengan jumlah atlit, seandainya jumlah atlitnya 20 orang, makan bola yg tersedia minimal 10. sehingga setiap atlit memperoleh kesempatan yg sama, selain itu juga terkait dengan volum dan intensitas latihan yg tercantum dalam prinsip2 latihan. 
Memperhatikan hal2 tersebut diatas, program latihan dapat disususn sesuai dengan target serta jangka waktu yg ditentukan, tentunya dengan adanya evaluasi pada setiap periode peningkatan kemampuan atlit. 

1 komentar: